Kabanjahe, Kota Sejuk dengan Toleransi Tinggi

Image
Jalan jalan atau travelling bagi saya adalah suatu hal yang sangat menyenangkan karena dapat menghilangkan semua penat dan lelah atau pun beban fikiran yang melanda. Apalagi kalau tempat yang dikunjungi tersebut berada di Dataran Tinggi alias udara nya sejuk dan segar

Pantai Putri Lopian dan Taman Tajur, dua lokasi nongkring asyik di Pangururan, Samosir

Sebagai seorang yang bermarga, saya sangat mencintai Tanah Leluhur saya, yakni di Desa Parmeraan (Pemekaran dari Desa Sidongdong), Kecamatan Hulu Sihapas, Kabupaten Padang Lawas Utara walaupun saya sendiri adalah kelahiran Kota Langsa, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).
Taman Tajur dan Pantai Putri Lopian Pangururan
Sayangnya, hingga detik ini saya masih belum berhasil mengabadikan tanah leluhur saya tersebut dalam sebuah video dan mengunggah nya di Kanal Youtube milik saya yang jelas jelas membawa marga Harahap disana.

Namun, bahagian Sumatera Utara yang lain sudah lumayan banyak juga yang saya kunjungi dan di abadikan di kanal youtube, termasuk salah satunya yang juga menjadi Danau terbesar di Sumatera. Yakni Danau Toba, Danau yang wilayahnya hingga meliputi Delapan Kabupaten / Kota di Sumatera Utara ini memiliki banyak sekali keindahan, belum lagi berada di tengah tengah Danau ada sebuah Kabupaten yang terletak di Pulau Samosir dengan Nama Kabupaten sesuai nama pulau tersebut.

Untuk menuju ke Pulau Samosir ada 2 alternatif jalur yang bisa di tempuh, 
  1. Melalui Parapat, dengan jalur yang dilalui (Berangkat dari Medan), Tj. Morawa - Lubuk Pakam - Perbaungan - Tebing Tinggi - Perdagangan - Siantar - Parapat - Samosir (penyeberangan via Kapal Verry di Parapat)
  2. Melalui Tele, dengan jalur yang dilalui (Berangkat dari Medan), Berastagi - Kabanjahe - Sumbul - Merek - Sitinjo - Tele - Samosir. Jalur ini tidak menyeberang menggunakan Kapal Verry karena ada jembatan penghubung yakni jembatan Tano Ponggol (Lihat Video disini)
Saya pribadi lebih menyukai jalur kedua yakni melalui tele, walau jalab menurun dari Tele hingga Pangururan agak sedikit curam, namun suguhan pemandangan di sekitar nya sangatlah indah.

Asalkan berkendara dengan baik, maka kecelakaan yang berakibat korban jiwa akan sangat mudah di hindari, karena saat ini JalanTele ke samosir ini sudah sangat baik dibandingkan beberapa Tahun ke belakang.

Di Pulau Samosir juga banyak sekali tempat wisata, mulai dari pemandian air panas, Taman Tepi Danau, hingga lokasi lokasi wisata alam lain seperti Air Terjun, Pantai (bahasa setempat, karena tepian air nya seperti di pantai), dan masih banyak lagi lokasi wisata yang dapat di kunjungi.

Berikut ini ada 2 lokasi yang pernah saya kunjungi ketika jalan jalan ke Samosir :
  1. Pantai Batu Hoda, pantai ini dinamakan seperti itu karena ada disana dibangun sebuah Patung Batu yang berbentuk Kuda, dilokasi ini juga selain disediakan area untuk berenang, juga ada area yang khusus digunakan atau di sediakan untuk ber swafoto atau berfoto bersama keluarga. O iya.., pantai ini tidak lagi masuk wilayah Kecamatan Pangururan ya kawan kawan, Pantai ini berada di Kecamatan Tigaras, masih di Kabupaten Samosir.
    Pantai Batu Hoda Tigaras
    Salah satu Spot Foto di Pantai Batu Hoda

  2. Taman Tajur, Jika dilihat sekilas, Taman ini jauh dari bayangan kita mengenai Taman, karena memang pembangunan nya tidak sebaik taman taman yang lain di Pangururan. Taman ini lebih umum digunakan untuk memancing atau sekedar tempat beristirahat setelah berolah raga pagi atau sore.
    Taman Tajur pangururan
    Tampilan Taman Tajur

  3. Taman Reklamasi atau Pantai Putri Lopian, Taman ini jika dilihat sekilas mungkin masih kalah dengan Taman Taman lain yang ada di Kota Besar, seperti Taman Kencana Bogor (yang saya pernah kunjungi). Namun beda dengan Taman yang lain, taman ini terletak tepat di tepi Danau Toba sehingga pemandangan nya tidak dapat dikalahkan oleh Taman Taman lain (yang pernah saya kunjungi). Yang mau lihat video Taman Tajur dan Pantai Putri Lopian  bisa klik disini ya...
    Taman Tajur dan Pantai Putri Lopian Lokasi nongkrong di pangururan
    Pantai Putri Lopian, Pangururan

Kelebihan lainnya adalah di Taman ini ada sebuah anjungan yang dibuat menjorok ke Laut, inilah yang paling membuat beda antara Taman ini dengan Taman yang lain, check Videonya disini jika mau melihat Taman ini. 

Nah.., bagi yang belum pernah ke Samosir, saya rekomendasikan agar segera mempersiapkan diri baik Dana, Kendaraan hingga kesehatan, karena memang perjalanan nya lumayan jauh dari Kota Medan. Apalagi kalau kawan kawan berasal dari Luar Sumatera Utara

Comments

Popular posts from this blog

ANGKOLA - MANDAILING : Kesaman dan Perbedaan

Marga Siregar dari Bunga Bondar - Keturunan Lubuk Siregar || Tarombo Siregar Bunga Bondar

Tutur - Panggilan - Sebutan Pada Masyarakat Angkola